Allah mengasihi Anda, dan DIA juga ingin agar Anda mengasihi DIA

Tuesday 19 January 2016

V I C T O R Y

Bacaan Alkitab: Efesus 6:10-20

Alkitab menggambarkan bahwa hidup ini adalah perjuangan bukan dengan apa yang kelihatan tetapi pada apa yang tidak kelihatan. “karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara” (ayat 12). Memang yang kelihatan adalah pergumulan sehari-hari di mana setipa orang bisa menanggulanginya dengan berbagai cara. Tetapi bagaimana cara memerangi di balik dari yang kelihatan itu? Sebab masalah yang kelihatan itu bisa ditunggangi oleh musuh kita dengan satu tujuan agar kita dikalahkan. Itulah sebabnya Rasul Paulus mengingatkan kita lewat perikop di atas agar kita berjaga-jaga. Bagaimana caranya agar kita bisa memenangkan peperangan itu?


Memiliki Daya Juang yang Tinggi
“Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya” (ayat 10). Apabila ingin kita tidak digerser oleh pergumulan dan masalah tetapi justru mengeser pergumulan dan masalah maka tidak bisa tidak kita harus memiliki kekuatan yang memadai untuk itu. Dan kekuatan itu hanya ada di dalam Tuhan. Itulah sebabnya kita harus hidup di dalam Tuhan dan menjaga hubungan kita tetap terpelihara di dalam Dia. Ketika kita memiliki daya juang yang tinggi paling tidak kita tidak akan pernah bergeser dari iman dan pengharapan kita kepada Allah sekalipun pergumulannya masih tetap ada.

Memperlengkapi Diri
“Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu” (ayat 13). Kalau ingin menikmati kemenangan dalam perjuangan hidup ini kita juga harus memperlengkapi diri untuk masuk dalam peperangan itu. Dan perlengkapan itu adalah hidup yang selalu berbuat benar, menjalankan keadilan, terlibat dalam melayani Tuhan, menjaga iman tertap terpelihara dan memiliki keyakinan akan keselamatan. Hal-hal itulah yang membuat kita bisa bertahan dari serangan musuh dan alat untuk menyerang adalah firman Allah. Sebab hanya lewat firman Allah yang kita miliki kita bisa menikmati kemenangan. (lihat ayat 14-17).

Memiliki Kehidupan Doa yang Terjaga dengan Baik
“Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya” (ayat 18). Dalam peperangan sangat dibutuhkan logistik. Dan jalur logistik akan sangat menentukan kemenangan dari sebuah pasukan yang sedang berperang. Karena tidak tahu berapa lama peperangan itu akan berlangsung. Untuk itu jalur logistik harus terjaga dengan baik sehingga segala kebutuhan baik kebutuhan pribadi pasukan maupun peralatan bisa terpenuhi.
Hal sama juga berlaku dalam peperangan hidup kita dan jalur logistik itu adakah kehidupan doa yang selalu terjaga baik. Karena doa adalah jalur yang menghubungkan kita dengan sumbar kekuatan kita. Untuk itu dibutuhkan doa yang tidak jemu-jemu sehingga kita tidak akan pernah kehilangan supply yang kita butuhkan dalam perjuangan itu sampai kita menikmati kemenangan yang Tuhan sudah sediakan. (*)


No comments: